PEMANTAPAN DAPUR UMUM LAPANGAN 2009

Sunday, 12 July 2009

PALEMBANG – Perwakilan dari 15 Kabupaten Kota Se-Sumsel Mengikuti Pemantapan Dapur Umum Lapangan (Dumlap) Tahun 2009, peserta yang ikut terdiri dari unsur TAGANA dan dari perwakilan Dinas Sosial masing-masing kabupaten/kota. Acara yang diselengarakan oleh Dinas Sosial Prov. Sumsel dalam hal ini oleh Bidang Bantuan Sosial bertujuan untuk mendidik serta memberikan bekal pengetahuan mengenai Manajemen Dapur Umum Lapangan pada saat terjadi bencana.

Dalam Pengertiannya, Dapur Umum Lapangan diselenggarakan untuk menyediakan/menyiapkan dan mendistribusikan makanan kepada korban bencana dalam waktu yang cepat dan tepat. hal ini sesuai dengan Kepres RI no.28/1979 tentang Bakornas PBA dan Kepres RI no.43/1990 tentang Bakornas PBP. Landasan yang diambil dalam kegiatan Dapur umum lapangan yaitu Disaster Handbook LORCS, Buku pedoman penanggulangan korban bencana serta Buku Pedoman Dapur Umum Lapangan.

Kegiatan yang diadakan selama beberapa hari ini, dibuka secara resmi pada tanggal 10 Juni 2009 oleh Dra. Hj. Ratna selaku Kepala Dinas Sosial Prov. Sumsel. Selanjutnya kegiatan ini diisi dengan beberapa materi mengenai manajemen dapur umum lapangan, materi mengenai menu dan gizi dapur umum lapangan pada saat terjadi bencana serta praktek langsung dapur umum lapangan dan beberapa kegiatan kesamaptaan.

Tidak hanya itu, kegiatan ini dimeriahkan dengan penyalaan api unggun dan beberapa aksi teaterikal serta hiburan dari tiap peserta. Kegiatan ini juga ditutup secara resmi oleh
Kabid Banjamsos Dinsos Sumsel Drs. MS. Sumarwan. MSi

0 komentar:

Posting Komentar