Apa Itu FKMD ?

Tagana Salah Satu Pengurus FKMD (Forum Kewaspadaan Masyarakat Dini) Tingkat Kecamatan

Palembang-Mengingat pentingnya kondisi kepekaan, kesiagaan dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi potensi dan indikasi timbulnya bencana, baik bencana alam maupun bencana sosial. Maka Pemerintah Kota Palembang dalam hal ini mengelurakan SK Nomor 440 Tahun 2009 mengenai Pembentukan Forum Kewaspadaan Masyarakat Dini Tingkat Kecamatan Dalam Kota Palembang Periode 2009-2014. hal ini bertujuan untuk menghimpun informasi mengenai potensi ancaman keamanan, gejala peristiwa bencana dalam rangka pencegahan secara dini.

Keanggotaan FKMD terdiri dari wakil ormas, perguruan tinggi, lembaga pendidikan lain, tokoh masyarakat, adat, agama, tokoh pemuda dan elemen masyarakat lainnya. Dan Salah satunya TAGANA ditunjuk sebagai Pengurus FKMD ditingkat kecamatan masing-masing. Kepengurusannya ini dilantik di gedung serba guna Sat.Pol PP Palembang pada tanggal 27 Mei 2009 kemarin.

TAGANA sangat mempunyai peran dalam hal ini, karena anggota TAGANA yang berada di wilayah kecamatannya masing-masing harus berperan aktif dalam membantu mengantisipasi terjadinya bencana. Tiap anggota harus bekerjasama menjaring, menampung dan mengumpulkan data dan informasi mengenai gejala awal potensi bencana ditingkat kecamatan.

0 komentar:

Posting Komentar